Salak padang sidempuan khas parsalakan

Salak Padang Sidempuan

Dari penjuru kota berbagai propinsi sudah mengenal yang namanya salak sidempuan. 
Salak sidempuan sudah sangat terkenal dengan rasanya yang manis dan mempunyai ciri khas tersendiri dari buah-buahan lainnya. 


Salah satu penghasilan utama dari penduduk desa parsalakan ini adalah dengan bertani kebun salak.

Salak Sidempuan sangat   tumbuh mekar dan subur di sekitar pegunungan daerah Parsalakan udaranya juga tergolong sangat dingin.Jarak antara parsalakan ke padang sidempuan kurang lebih 15 km.

Salak memiliki keunikan tersendiri, kalau dimakan satu, pengen makan satu lagi. Seperti telah digambarkan dalam sebuah lagu tapsel yang liriknya kurang lebih seperti ini. Salak…. Salak.. si... bakua.. mangido sada di pangan dua. 

Begitulah kira-kira ciri khas dari buah salak padangsidempuan ini.

Dan sisi lain buah salak juga masih ada kelebihannya, ternyata salak juga dapat mengobati penyakit diare,
mengobati penyakit kuku dan kulit. Dan dianjurkan bagi yang memakan salak agar tidak mengelupas kulit ari pada salak karen a ia bermamfaat untuk memperlancar BAB.

Salak padangsidempun telah tersebar luas disuluruh Sumatra Utara, maka tak heran harga salak 1/kg sangat bersaing dalam rata-rata Rp 5000/kg atau menurut besar kecilnya untuk yang besar biasanya mereka menawarkan seharga Rp 7000 sampai Rp 90.000/kg, dan yang kecil Rp 4000 sampai 6000.

Jika anda datang ke padangsidempuan jangan lupa beli salak sebagai buah tangan anda, jangan ragu untuk menawar harga sama si penjual salak, karna penjual salak di sidempuan rata-rata orangnya ramah dan tidak sombong. 

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Wisata Batang toru - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger